• Artikel Lomba Blog UII: Bagaimana Menjadi Perguruan Tinggi Idaman Masyarakat
  • Lomba Blog UII
  • Lomba karya Tulis PTPN VII
  • Profil Mendiknas kita yang baru
  • Manisnya Berbuka Puasa Bersama Alumni Teknik Komputer Angkt. 2001
  • Peranan TIK Guna Mendukung Proses Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan
  • Kilas Balik Jambore 1000 PTK-PNF
  • Perancangan IR Receiver Sebagai Optimasi Pengontrolan Multimedia
  • Upgrading Wifi to WiMAX
  • Dongeng PAUD : Si Dogi dan Si Ciko yang Sombong, Malas & Bodoh
  • Sepenggal Cerita “Saya” dan “Masyarakat ACEH” Tentang Life Skill
  • Peranan TIK Guna Mendukung Proses Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan
  • Peranan Life Skill Untuk meningkatkan Keterampilan Masyarakat
  • Kegiatan Penting Dalam Capaian Sepuluh Keberhasilan Direktorat PTK-PNF
  • Kilas Balik Jambore 1000 PTK-PNF
  • Meriah Gebyar Jamobore PTK-PNF Tingkat Provinsi
  • Facebook Jambore PTKPNF 2009 Pengelola IT
  • Meriah Gebyar Jamobore PTK-PNF Tingkat Provinsi
  • Mahasiswa Teknokrat Kembali Jadi Pemateri di SNATI
  • Facebook Jambore PTKPNF 2009 Pengelola IT
  • 12 Tahun Bukan Akhir dari Perjuangan
  • Office Go Open Source
  • Pemenang Supersemar Award 2009
  • Call for Papers JLSCM Vol.2 Ed.2
  • Programming Competition Session 2009
  • Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009)
  • Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Fak.Teknik UISU - Medan 2009
  • Call Paper Seminar Nasional Kepemimpinan yang Berperspektif Gender
  • Teknokrat Wisuda 798 Lulusan
  • Tahun ini Saya Tidak Ikut Wisuda
  • Lounching Dadakan Forum Alumni Teknokrat
  • Andre, Juarai Acer Intel E-Learning Competition 2008
  • Pentingnya Sebuah Wadah Alumni
  • Ketika Mahasiswa Memprotes Dosen
  • Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
  • Trik Dalam Mengerjakan Skripsi
  • Cara Menilai Makalah
  • Apa sih Beda Information Technology dengan Computer Science?
  • Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia
  • ITS Juara Abu Robocon 2008
  • Daftar Sekolah di Lampung
  • Dosen : Pengendalian PC dengan Remote Control : Syaiful Ahdan, S.Kom
  • Dosen : Pengembangan Website BPKB Lampung : Syaiful Ahdan, S.Kom
  • Dosen : Tata Kelola Asuransi Secara Online : Iwan Purwanto, S.Kom,MTI
  • Dosen : Pemanfaatan E-Education Untuk Pembelajaran : Iwan Purwanto, S.Kom,MTI
  • Dosen : Upgrading Wifi to Wimax BWA : Syaiful Ahdan, S.Kom
  • Dosen : Rancang Bangun Media Pembelajaran TOEFL Berbasis WEB : Darmini, S.Kom
  • Dosen : Sistem Pendistribusian dan Pemasaran Semen Holcim pada PT Swadaya Sentosa Karyaprima Cabang Lampung : Rohimah, S.Kom & Ita
  • Dosen : Sistem pemberian surat peringatan Kepada karyawan pada PT great giant pineapple lampung tengah : Rohimah, S.Kom & Eka Vera Susanti
  • Dosen : Sistem informasi klaim asuransi kendaraan Bermotor pada PT Federal International Finance Cabang Lampung : Rohimah, S.Kom & Tetty Werdiny
  • Dosen : Sistem komputerisasi pelaporan penetapan pajak Kendaraan bermotor roda empat pada Kantor Samsat Raja Basa : Rohimah, S.Kom & Mona Nirmala
  • Dosen : Pemanfaatan E-Education sebagai sarana Pembelajaran dalam bidang komputer : Rohimah, S.Kom & Paradhiksa Abdhi Negara
  • Dosen : Sistem pembayaran spare part indirect Pada PT Astra Internasional Tbk-isuzu Bandar lampung: Rohimah, S.Kom & Ria Anggraini
  • Dosen : Sistem penjualan tunai dan kredit pada PT Intan Pariwara Cabang Lampung: Rohimah, S.Kom & Muhammad Sadli
  • Dosen : Analisa dan disain sistem administrasi pemesanan barang Konveksi terdistribusi pada CV Prisma Jaya: Rohimah, S.Kom & Siti Nur Aisha
  • Dosen : Rekayasa Perangkat Lunak Pengelolaan Pajak Penghasilan Pasal 21 pada Kantor Pelayanan Pajak Wilayah III Bandar Lampung: Rohimah, S.Kom
  • Download Modul Praktikum Sistem Operasi : Bagi Mahasiswa yang ingin mendownload Modul Praktikum Sistem Operasi silahkan memilih klik di bahan ajar, dan memilih link sesuai dengan materi yang ingin di download.

    Download Petunjuk Penulisan Tugas Akhir : untuk mendownload petunjuk penulisan tugas akhir praktikum sistem operasi silahkan pilih menu tab pada bagian info dan mengklik link Download: Petunjuk Penulisan Makalah Tugas Akhir Kuliah Praktikum Sistem Operasi

    Rabu, 03 September 2008

    Apa sih Beda Information Technology dengan Computer Science?

    oh iya sebelumnya saya mau jujur artikel ini saya ambil dari : Detiknet

    Anda bingung memilih jurusan yang terkait dengan ilmu per-komputer-an saat kuliah nanti? Apakah bedanya antara jurusan computer engineering (CE), computer science (CS), information systems (IS), information technology (IT) dan software engineering (SE)?

    Maka dokumen bertajuk 'Computing Curricula 2005' mudah-mudahan akan bisa membantu pertanyaan di atas. Dokumen tersebut merupakan hasil kerja bareng antara The Association of Computing Machinery, The Association of Information Systems dan The Computer Society.

    Ketiga asosiasi kenamaan dunia tersebut bergabung membentuk suatu gugus tugas untuk menyusun kurikulum terkait dengan dunia per-komputer-an, yang kemudian diacu oleh banyak institusi pendidikan seluruh dunia.

    Dokumen 'Computing Curricula 2005' yang dirilis pada 30 September 2005 itu sendiri secara tegas membedakan antara disiplin ilmu CE, CS, IS, IT dan SE. Perkembangan disiplin ilmu perkomputeran, seperti ditulis dalam dokumen setebal 62 halaman tersebut, terbagi atas dua masa, yaitu sebelum tahun 1990-an dan setelahnya.


    Pra 1990-an

    Sebelum tahun 1990-an, tepatnya sekitar tahun 1960-an, disiplin ilmu yang berkembang masih sangat sederhana. Untuk urusan utak-atik hardware, dapat memilih electrical engineering (EE) .

    Kemudian, masih di masa yang sama, CS lebih banyak bermain di rekayasa software, sedangkan IS lebih kepada mengeksplorasi manfaat hardware dan software untuk membantu menyelesaikan problem bisnis.

    Dengan semakin berkembangnya teknologi mikroprosesor berbasis chip (chip-based) yang dimulai pada pertengahan 1970-an, maka secara perlahan CE menjadi suatu ilmu dengan spesialiasi khusus, yang merupakan pemekaran dari EE.

    Pasca 1990-an
    Singkat kata, akhirnya berbagai disiplin ilmu dalam rumpun perkomputeran saling membentuk diri mengikuti perkembangan jaman. CE menjadi semakin solid dan terpisah dari EE. Kemudian CS berkembang demikian pesat, sehingga disiplin ilmu SE yang sebelumnya berada di dalamnya, akhirnya menjadi mandiri.

    Alasannya, karena dibutuhkan suatu keahlian yang sangat spesifik untuk dapat menghasilkan sebuah software yang baik. Saat itu mulai meluas kesadaran bahwa pembuatan software yang baik adalah sangat sulit, sangat mahal dan sangat diperlukan.

    Kemudian IS juga berkembang seiring dengan tuntutan dunia bisnis yang membutuhkan kehandalan pengelolaan hardware dan software dalam mendukung kinerjanya. Bagaimana dengan IT?

    Disiplin ilmu IT berkembang pada era akhir 1990-an. Ilmu IT berkembang lantaran diperlukan satu disiplin ilmu lagi dalam dunia per-komputer-an yang akan membantu suatu organisasi atau institusi dalam menjamin kelayakan infrastruktur komputer dikaitkan dengan kesiapan dari sisi internal, semisal kesiapan sumber daya manusia terkait.




    Deskripsi Ilmu

    Selanjutnya, dokumen 'Computing Curricula 2005' tersebut secara gamblang menjelaskan deskripsi masing-masing dari ilmu per-komputer-an yang ada dewasa ini. Secara singkat, deskripsi tersebut adalah sebagai berikut:

    - Computer Engineering (CE) mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antar bagian tersebut.

    - Computer Science (CS) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.

    - Information Systems (IS) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien

    - Information Technology (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.

    - Software Engineering (SE) mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari kustomer atau pengguna.


    Lima Aspek dan Theory vs Applied

    Di dalam dokumen 'Computing Curricula 2005' tersebut, penjelasan di atas dipaparkan lebih panjang-lebar. Bahkan untuk kekuatan dari masing-masing jurusan ilmu per-komputer-an tersebut, telah diterjemahkan dalam bentuk tabel grafik yang mencerminkan fokus ilmu terkait.

    Fokus tersebut mengacu kepada lima aspek, yaitu (1). Isu Organisasi dan Sistem Informasi, (2). Teknologi Aplikasi, (3). Metode dan Teknologi Software, (4). Infrastruktur Sistem, serta (5). Arsitektur dan Hardware Komputer, yang kelimanya berada pada sumbu vertikal.

    Setiap disiplin ilmu per-komputer-an memang secara umum bisa saja secara sebagian atau keseluruhan mempelajari kelima aspek tersebut. Tetapi dari tabel grafik yang disediakan, dapat secara jelas menggambarkan fokus dan kekuatan masing-masing.

    Karena pada grafik tersebut, pada sumbu horizontalnya menjelaskan tentang pengembangan keilmuannya, apakah lebih theory (teori, prinsip dan inovasi) ataukah lebih kepada applied (aplikasi, pemasangan, konfigurasi).





    Bobot dan Kekhasan

    Dipaparkan pula dalam tabel terpisah, pembobotan untuk masing-masing 'mata kuliah' untuk setiap jurusan. Bobot tersebut menggunakan kisaran poin '0' hingga '5'. Setiap jurusan ternyata memiliki pembobotan poin yang berbeda untuk setiap 'mata kuliah' terkait.

    Jenis 'mata kuliah'-nya pun dibagi menjadi dua rumpun besar, yaitu computing topics dan non-computing topics. Kemudian terdapat pula tabel sebagai barometer kompetensi dan kapabilitas (secara relatif) atas lulusan dari tiap jurusan yang ada.

    Barometer tersebut, juga dengan skala '0' sampai dengan '5', melakukan penilaian dari berbagai area kompetensi, yaitu (1). algoritma, (2). program aplikasi, (3). pemrograman komputer, (4). hardware dan piranti lain, (5). interface manusia-komputer , (6). sistem informasi, (7). manajemen informasi (basis data), (. perencanaan sumber daya teknologi informasi, (9). intelligence systems, (10). jaringan dan komunikasi, serta (11). pengembangan sistem melalui integrasi.

    Adapun untuk setiap area kompetensi di atas, masih terbagi lagi atas beberapa kriteria performance capability. Sehingga dari tabel tersebut akan dapat menjelaskan bahwa dari kelima jurusan yang ada (CE, CS, IS, IT dan SE), akan menghasilkan lulusan dengan kompetensi dan kapabilitas yang unik dengan karakteristik masing-masing.


    Jadi jika kita mengacu kepada dokumen 'Computing Curricula 2005' tersebut, maka kita akan terbantukan dalam mendapatkan gambaran lebih jelas tentang karakteristik, kekhasan, keunikan dan keunggulan tiap-tiap jurusan ilmu per-komputer-an yang berkembang saat ini. Itupun jika kita mau dan mampu thinking out of the box. (dbu)







    Related Articles by Categories


    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Artikel Terbaru

    Grab this Widget ~ Blogger Accessories